Etika Menghubungi Dosen

by - November 11, 2017

Pic from Google


Amazing, begitulah reaksi saat membaca postingan di group WA tentang UI yang membuat aturan tertulis "Etika Menghubungi Dosen" yang ditujukan kepada mahasiswa mereka 😅. Jadi sesaat sebelum membaca postingan tersebut,  saya dan beberapa orang dosen lainnya baru saja membahas tentang etika mahasiswa di kampus kami yang kurang baik saat mengontak kami sebagai dosen pembimbing melalui WhatsApp messenger.

Bicara soal etika mahasiswa menghubungi dosen, memang beragam; diantaranya memang sudah ada yang benar dan sopan, namun masih ada saja yang belum sebagaimana etika yang sudah sepatutnya. Idealnya, "setiap mahasiswa" (tanpa terkecuali) haruslah tau bagaimana beretika terhadap dosen meraka. Mahasiswa akan sering berhubungan dengan dosen via SMS/WA baik itu untuk keperluan bimbingan skripsi, revisian, dan sebagainya. 

Berikut Etika Menghubungi Dosen yang dikeluarkan oleh UI yang bisa dipakai juga di "Kampus lainnya" :

Pic from detik.com

Semoga tata cara beretika di atas dapat dipahami dan diterapkan oleh setiap mahasiswa. Tambahan dari saya, agar mahasiswa tidak menggunakan kata-kata yang tidak formal/bahasa gaul/bahasa alay; mahasiswa agar mengurangi "nego" terhadap dosen (khususnya yang terkait waktu bimbingan skripsi). 

You May Also Like

0 comments